Memilih Memelihara Kambing Sebagai Usaha

peluang usahaMemelihara kambing sepertinya cukup mudah dilakukan karena kita hanya menjaga makannya saja. makannya juga murah yaitu hanya rumput yang memang banyak sekali tumbuh di tanah Indonesia ini. Memelihara kambing tidak akan ada matinya sebab banyak masyarakat yang membutuhkan setiap hari. Seperti untuk dijadikan sate, untuk acara aqiqah, juga untuk perayaan Idul Adha. Dengan harga yang lumayan tinggi tentu akan menjadi penghasilan bagi Anda jika memeliharanya dengan baik dan benar. Sehingga akan menghasilkan kambing yang sehat dan juga bermutu baik. Kambing memang memiliki bau yang menyengat dan sering disebut dengan prengus namun rasanya sungguh lezat dengan olahan yang beraneka macam rasanya memang lezat.

Jadi jika Anda tertarik untuk memelihara kambing sebagai usaha Anda, ada baiknya Anda menyiapkan kandangnya yang dibuat cukup nyaman untuk kambing dan juga Anda. kandang harus dibuat dengan memikirkan berbagai aspek seperti kandang dibuat ada kolongnya sehingga akan memudahkan untuk membersihkan kotorannya juga agar kambing tidak mengalami kebecekan dan terkontaminasi dengan kotorannya sendiri sehingga tidak kena penyakit. Dan buatlah jarak kandang dengan rumah Anda sejauh 10meter agar Anda nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari, sebab bau kambing yang cukup menyengat. Untuk yang sederhana buatlah kandang dengan lebar 3×3 meter untuk 2-3 ekor kambing. Kambing jenis Jawa sangat mudah dipelihara dan cukup cepat berkembang biak dengan usia 7 bulan maka kambing sudah dapat dikawinkan.

Dan dengan masa kehamilan hanya sekitar 6 bulanan dan bisa menghasilkan kambing hingga 4 ekor anak kambing maka Anda tentunya dapat memiliki kambing cukup banyak. Dalam 1,5 tahun Anda kan memiliki hingga 3-6 ekor kambing nantinya jika Anda awalnya memiliki sepasang. Dengan pemeliharaan yang baik maka Anda akan memiliki kambing yang sehat sehingga banyak orang yang menginginkannya. Dan Anda akan mendapat dana lebih dengan menjual kotoran kambing karena dapat dijadikan pupuk kandang yang sangat dibutuhkan para petani kebun atau bisa Anda gunakan sendiri. Susunya juga dapat dimanfaat, itu jika Anda memelihara kambing etawa.

Related posts: